Posted in Tugas

Sudahkah kita menjalankan etika menulis di internet ?

Hmmm…lama sudah tidak menulis di sini, maaf kepada para pembaca :).
Mungkin ketika melihat judul postingan kali ini kelihatan agak serius, ya karena saya sedang ada tugas menulis artikel dari kampus.

Ketika membaca judul di atas, mungkin ada beberapa teman-teman yang berpikir “emang ada etikanya ya menulis di internet itu?” atau mungkin ada teman-teman yang sudah lebih dulu tahu tentang etika menulis di internet.
Selama ini tanpa sadar kita sering meng-copy, mengutip, mendownload file kemudian menguploadnya lagi tanpa mensertakan referensinya. Tahukah kita bahwa itu merupakan salah satu pelanggaran dalam beretika di internet? Hal itu sama dengan ketika kita memiliki sebuah karya, tetapi ada orang lain yang menggunakannya tanpa menyertakan bahwa kita pembuatnya dan lebih parahnya kita mengklaim bahwa itu adalah karya kita.
Saya sering mencari tutorial yang kebetulan saya butuhan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan saya. Dan beberapa kali saya menemukan tutorial dengan isi yang sama persis hanya berbeda alamat link-nya dan pemilik blog tersebut.
Mungkin saya akan berpikir “oh, hanya copy paste ternyata blog-blog ini”, tapi hal itu akan berbeda jika Anda yang memiliki karya tulis tersebut.

ernakah teman-teman melihat image yang ada di internet dan ada pesan “Foto juga merupakan hak cipta” ? Dan itu merupakan salah satu etika di internet, kita tidak boleh mempublish karya tulis, foto,dll tanpa seijin pemiliknya.
Tetapi masih banyak dari kita yang masih sesuka hati mencomot-comot hal tersebut di atas tanpa seijin pemiliknya.
Saya rasa banyak dari teman-teman yang memiliki account di Facebook dan pastinya teman-teman pernah mengupload foto di Facebook dan disana pun ada agreement yang berisi apakah benar file foto tersebut milik kita.

Jadi, mulai sekarang kita harus mulai untuk menghargai karya orang lain di internet, salah satunya dengan cara :
Jika ingin mengcopy artikel atau foto atas seijin pemiliknya atau minimal menyertakan link atau pemilik aslinya.
Saya rasa masih banyak etika menulis di internet selain yang saya kemukan di atas. Jika ada tambahan, kritik, maupun saran silahkan ditambahkan di comment.

2 thoughts on “Sudahkah kita menjalankan etika menulis di internet ?

  1. Saya juga kurang setuju dg praktek salin-tempel dari tulisan orang. Ini kecurangan. Disamping itu, ini juga adalah perampasan hak cipta dan merupakan pelanggaran hukum

Leave a Reply

