Posted in Tugas

Internet dalam kehidupan kita

Hari gini pasti semua orang tahu tentang internet, bahkan saya sering terheran-heran ketika pergi ke warnet dan melihat banyak anak kecil yang jika dilihat seusia anak yang duduk di bangku SD. Saya pribadi baru kenal internet waktu kelas 1 SMP, itu pun karena ada tugas sekolah, jadinya saya ke warnet sama teman saya dan itu pun masih kagok buat menggunakan google dan wikipedia.
Tapi sekarang dengan semakin meningkatnya kurikulum di sekolah, anak SD pun sudah belajar internet dan mereka sudah pada jago main game ataupun browsing. Sekarang pun banyak orang kantoran yang tidak bisa kerja ketika koneksi internet di kantor mereka sedang down atau sedang ada masalah. Dan sering menggerutu jika koneksi internetnya lelet.
Dan sekarang ini semakin marak situs jejaring sosial di ineternet yang semakin membuat kita tidak bisa lepas dari internet sehari pun, bahkan mungkin sedetik pun bagi para pengguna BB. Siapa yang tidak kenal Facebook, Twitter yang sekarang lagi booming, dulu mungkin kita hanya mengenal Friendster untuk situs jejaring sosial yang mungkin sekarang banyak ditinggalkan oleh penggunanya karena beralih ke Facebook. Memang harus diakui Facebook lebih user friendly dan lebih interaktif, saya bersyukur dengan adanya situs jejaring seperti ini, karena saya bisa bertemu dengan teman-teman yang sudah bertahun-tahun tidak pernah bertemu.
Seperti segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki dua sisi, begitupun dengan internet. Secara manfaat internet pasti banyak sekali memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita, yang antara lain adalah :
1. Memudahkan kita untuk mencari informasi
2. Membuat jarak bukan penghalang dalam berhubungan maupun bekerja
3. Memudahkan kita untuk berhubungan dengan teman, relasi, keluarga, kolega,dll
4. Meningkatkan pendapatan kita, memudahkan dalam membuat/mempromosikan usaha/jasa kita
5. Memudahkan untuk menambah pengetahuan karena banyaknya tutorial yang ada di internet, dll
Tapi tidak sedikit pula efek negatif dari internet yang antara lain yaitu :
1. Banyaknya situs porno yang ada di internet
2. Jika tidak ada filter/pengawasan dari orang tua, akan banyak informasi yang seharusnya tidak diserap oleh anak menjadi konsumsi mereka
3. Anak lebih cenderung bermain game dari pada menambah informasi ketika bermain internet
4. Banyaknya cyber crime
5. Berkurangnya kerahasian hal-hal pribadi

Karena untuk era milenium ini internet tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari maka kita harus menggunakannya secara bijak. Karena jika kita bisa memanfaatkan internet dengan baik, maka manfaat yang bisa kita dapatkan sangatlah banyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s