Posted in Tugas

Pemuda dan Sosialisasi

Selama ini kita mengenal istilah “pemuda adalah tulang punggung bangsa”, tapi definisi pemuda adalah golongan manusia-manusia muda yang masih memerlikan pembinaan dan pengembangan ke arah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung.
Hubungan antara pemuda dengan lingkungan tempat dia tumbuh mempunyai pengaruh yang besar, baik secara psikologis maupun secara fisik. Lingkungan juga dapat mempengaruhi cara pemuda dalam bersikap atau bergaul di masyarakat, hal ini disebut juga dengan istilah sosialisasi.

Definisi tentang pemuda telah disebutkan di atas, akan tetapi untuk di Indonesia sehubungan dengan adanya programpembinaan generasi muda pengertian pemuda diperinci dan tersurat dengan pasti, yang digolongkan berdasarkan umur, budaya dan fungsional, ideologis dan politis, dan peran pemuda terhadap pembangunan.

Sosialisasi sangat penting karena manusia adalah makhluk sosial yang akan selalu membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Dan sosialisaai harus sudah dilatih sejak masih belia, dan kadang orang yang berhasil adalah orang yang pintar bersosialisasi.
Proses sosialisasi banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. Oleh karena itu lingkingang tempat kita tumbuh sangat penting nantinya untuk kita. Dengan siapa kita bergaul itu juga akan memberikan dampak bagi diri kita pribadi.
Dalam hal ini bukan berarti kita harus membatasi diri dalam pergaulan, tetapi lebih menitik beratkan pergaulan seperti apa yang baik buat kita pribadi.
Banyak manfaat yang di dapat dari sosialiasi, selain menambah teman juga dapat menambah pengetahuan dan peluang untuk usaha.
Sosialisasi berbeda dengan inkuturasi yang mementingkan nilai-nilai dan norma-norma kebudayaan dalam jiwa individu, sedangkan sosialisasi dititik beratkan pada soal individu dalam kelompok melalui pendidikan dan kebudayaannya.
Kesimpulannya adalah bahwa sosialisasi untuk pemuda yang nantinya akan menjadi penerus generasi sebelumnya adalah sangat penting dan itu harus dilakukan sejak usia dini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s