Posted in Tugas

Facebook dan Mahasiswa

Facebook, satu nama itu sangatlah popular. Tidak hanya anak muda saja yang menyukainya, anak kecil bahkan orang tua pun merupakan pengguna Facebook. Facebook adalah situs jejaring sosial yang dbuat oleh Marck Zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004. Situs jejaring sosial ini pada mulanya bertujuan untuk menyimpan data diri, berbagi dengan teman dan untuk menemukan teman. Tapi kini seiring berjalannya waktu Facebook bukan hanya situs jejaring social untuk mencari teman, akan tetapi Facebook dapat berfungsi untuk berjualan. Sekarang ini banyak produsen memasarkan produknya melalui Facebook. Banyak artis menjalin komunikasi dengan penggemar mereka melalui Facebook.
Bagi sebagian orang tentunya Facebook sudah seperti makan sehari 3x, pengalaman pribadi saya sendiri teman saya rela menghabiskan uangnya untuk membeli pulsa hanya untuk tetap bisa berselancar ria di Facebook melalui handphone.
Pada tulisan ini saya ingin menulis tentang dampak Facebook bagi mahasiswa/i. Seperti semua hal yang pasti mempunyai dua sisi, yaitu sisi negatife dan sisi positif. Facebook-pun tak lepas dari dua hal tersebut, Facebook sekarang memudahkan kita dalam mencari informasi. Jika dulu untuk memberikan informasi kita harus bertemu langsung atau mengirim sms kepada teman kita, sekarang cukup tulis di wall atau di status Facebook kita, maka dengan segera kita akan mendapatkan informasi yang kita inginkan. Semisal kita ingin member tahu jika dosen A berhalangan hadir, kita tidak perlu mengeluarkan banyak pulsa untuk mengirim sms ke seluruh teman sekelas. Tapi kita bisa menuliskan informasi tersbut di status Facebook kita, tentu saja hal ini sangat berguna untuk mahasiswa yang mayoritas anak kos dan identik dengan yang namanya penghematan.
Selain itu mahasiswa bisa mencoba berwirausaha melalui Facebook, dengan sedikit modal mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan. Kenapa saya bilang dengan sedikit modal? Karena kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli produk, sedangkan promosi bisa melalui Facebook. Dengan berpromosi melalui Facebook maka jangkauan pembeli menjadi lebih luas karena selain pengguna Facebook yang jumlahnya sangat banyak, gaya belanja sekarang juga sudah beralih ke online shopping.
Untuk membuat acara, misal penggalangan dana atau buka bersama dan hal yang biasanya sering dilakukan oleh mahasiswa, tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk membuat undangan dan capek-capek mengantarnya ke rumah masing-masing satu per satu, karena Facebook menyediakan fasilitas undangan.
Jadi selain untuk bersenang-senang, Facebook juga dapat memberikan penghasilan tambahan bagi mahasiswa, dengan berjualan melalui Facebook juga mengasah kemampuan wirausaha mahasiswa.

Advertisements

3 thoughts on “Facebook dan Mahasiswa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s