Posted in Tugas

Jawaban Tugas Pengantar Telematika ke-3 :

Pertanyaan :

1. Apa yang dimaksud dengan video streaming dan jelaskan cara kerjanya!

2. Apa yang dimaksud dengan teleconference dan jelaskan cara kerjanya!

Jawaban :

1. Video streaming adalah sebuah aplikasi dimana kita dapat melihat langsung video yang disharing oleh server pada satu halaman web tanpa harus mendownload video tersebut terlebih dahulu.
Cara kerja dari video streaming dibagi menjadi dua, yaitu dari cara kerja pada sisi client dan cara kerja pada sisi server.
– Cara kerja video streaming pada sisi client :

Jika server http://streaming.com mensharing video publik-nya melalui web, maka client yang terhubung kedalam jaringan server tersebut dapat mengakses video tersebut atas izin server streaming.
Pada komputer client, kita hanya perlu membuka web browser seperti firefox untuk mengakses video tersebut dengan cara mengetikkan URL-nya ( http://streaming.com ) pada address box. Maka kita dapat menikmati fasilitas video streaming tersebut.

– Cara kerja video streaming pada sisi server :
Pada komputer server bertugas untuk men-sharingkan videonya melalui web agar mudah di akses oleh client tanpa memasukkan nomor IP. Misalkan, kita menyimpan videonya di http://streaming.com, maka di komputer client hanya perlu mengetik URL http://streaming.com dan kita tidak perlu mengetikan nomor IP.

2. Teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut hanya dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat. Dalam konferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi.
Secara harfiah teleconference diartikan konferensi atau rapat jarak jauh, artinya pertemuan jarak jauh antara beberapa orang yang fisiknya berada pada lokasi yang berbeda secara geografis. Diskusi bisa dilakukan secara realtime dan interaktif dengan dukungan infrastruktur jaringan serta perangkat multimedia.
Cara kerja teleconference adalah dengan menggunakan gan voice activation, continuous presence, atau gabungan dari keduanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s