Posted in Tugas

Tugas Ketiga & Keempat TOU : Perilaku Konsumen

Pengertian konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Untuk melakukan pendekatan kepada konsumen ada dua jenis pendekatan, yaitu pendeketan kardinal dan pendekatan ordinal.

Pendekatan kardinal disebut juga dengan pendekatan marginal utility dimana kepuasan dapat diukur sebagaimana mengukur berat.
Sedangkan pendekatan ordinal yaitu menganggap kepuasan konsumen tidak dapat dikuantitatifkan, hanya analisis deskritif.

Dari dua macam pendekatan diatas tentunya menghasilkan dua macam kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dengan pendekatan kardinal yaitu kepuasan atas sesuatu barang dapat diukur dalam konsep kardinal, dimana yang sering digunakan adalah satuan uang
Kepuasan konsumen dengan pendekatan ordinal yaitu konsumen tidak perlu mengetahui berapa besarnya kepuasan yang dia dapatkan dari mengkonsumsi sesuatu barang yang dipilih, tetapi cukup membuat peringkat bahwa dia akan lebih mendapatkan kepuasan dengan mengkonsumsi sejumlah barang tertentu dibandingkan dengan sejumlah tertentu barang lainnya, tanpa harus menyebut berapa besar lebihnya.

Elastisitas adalah mengukur seberapa besar kepekaan perubahan jumlah permintaan barang terhadap perubahan harga.
Macam-Macam besaran Elastisitas
• Elastisitas Pendapatan perubahan pendapatan berakibat pada derajat kepekaan jumlah barang yang diminta (degan anggapan bahwa harga nominal dan harga relatif kontan). Ukuran untuk mengetahui derajat kepekaan perubahan jumlah barang yang diminta akibat perubahan pendapatan
• Elastisitas Harga perubahan mengetahui derajat kepekaan perubahan jumlah barang yang diminta akibat perubahan pendapatan (perubahan harga yang menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta)
• Elastisitas Harga silang perubahan suatu barang dengan perubahan jumlah barang itu sendiri yang diminta oleh konsumen.
• Elastisitas Penawaran dimana elastisitas sama besarnya dari permintaan dan penawaran

Advertisements

2 thoughts on “Tugas Ketiga & Keempat TOU : Perilaku Konsumen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s