Posted in corat-coret

Uang Tabungan Anak Jalanan

Saya agak tergelitik ketika membaca berita tentang rencana Kementrian Sosial untuk memberikan uang tabungan kepada anak jalanan untuk mewujudkan program Jakarta Bebas Anak Jalanan. Menurut pendapat saya yang orang awam ini, menurut saya dengan memberikan tabungan kepada anak jalanan itu tidak akan menyelesaikan masalah, mungkin bisa tapi untuk sementara waktu.
Karena uang tidak bersifat kekal, menurut pandangan pribadi saya lebih baik jika pemerintah memberikan pendidikan gratis kepada anak jalanan dan pelatihan ketrampilan. Dengan begitu selain mendapat pengetahuan, mereka juga dapat mandiri dengan ketrampilan yang mereka miliki. Bukan tidak mungkin pada akhirnya mereka bisa menjadi wirausahawan, dan dapat memberikan lapangan kerja kepada orang lain. Hal ini tentunya merupakan hasil yang sangat baik.
Karena dengan memberikan tabungan, itu hanya sama saja pemerintah menyuapi mereka tanpa memberi tahu mereka bagaimana cara untuk mendapatkan/mencari makanan sendiri. Selain itu, dengan tingkat korupsi yang masih tinggi di nagara kita bukan tidak mungkin uang tabungan anak jalanan yang dianggarkan sebesar Rp 1.400.000/thn/orang akan sampai ke mereka kurang dari nilai tersebut karena sudah korupsi di tingkat atas.
Belum lagi masalah pendataan dan pengelolaan uang tersebut. Bagi saya pribadi yang memandang bahwa pendidikan dan mandiri adalah beberapa hal penting dalam hidup, saya sangat menyayangkan sekali program ini. Saya hanya ingin share saja, jika ada yang mau memberi saran dan kritik monggo 🙂

Leave a Reply

