Posted in Tugas

AJANG NARSIS BISA JADI PENDUKUNG BISNIS

Selain Steve Jobs dengan aneka produk di bawah bendera Apple Inc., Mark Zuckerberg layak dinobatkan sebagai orang yang mampu mengubah peradaban dunia.Lewat Facebook, pria drop out dari Universitas Harvard di Amerika Serikat (AS) ini sukses memperkenalkan media sosia lsebagai wadah berkomunikasi tanpa batas bagi semua umat manusia.

                Kini, peran Facebook yang baru diluncurkan tahun 2004, tak sekadar jadi wadah orang atau teman barunya. Selain bisa menggalang dukungan untuk kepentingan politik dan aksi sosial,situs jejaring social ini menjadi lahan subur menuai bisnis e-commerce atau berdagang via jaringan internet.

                Fenomena pemanfaatan media sosial sebagai wadah bisnis juga melanda Indonesia dalam 2 tahun-3 tahun terakhir. Aneka  barang dan jasa ditawarkan di media sosial. Perusahan dalam berbagai skala usaha juga memiliki akun media sosial untuk memasarkan barangnya. Media sosial yang paling diminati adalah Facebook dan Twitter.

                Harjanto Joewono, CEO OnlineStoreku.com, menjelaskan, semakin banyak pengusaha pemula yang mulai memanfaatkan jejaring media sosial dalam mempromosikan produknya. Bahkan, kedudukan media sosial sulit dipisahkan dari pengembangan bisnis.

                Selain menjadi target pasar, jutaan pemilik akun media sosial merupakan agen promosi yang sangat efektif mempengaruhi perkembangan tren pasar.  “Mereka saling terhubung dan berbagi informasi. Jelas ini merupakan wadah pemasaran paling menguntungkan bagi dunia usaha”, katanya.

                Pemilik akun media sosial asal Indonesia memang banyak. Socialbakers.com melansir, pengguna Facebook di Negara  43,06 juta. Adapun Semiocast mencatat, pemilik akun Twitter di Indonesia terbesar kelima di dunia, yakni 19,5 juta orang.

                Melihat interaksi di dua situs ini yang begitu tinggi, sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja oleh pelaku dunia usaha. “Karena dunia usaha itu sifatnya dinamis, tentu sangat cocok untuk berinteraksi di social media,”  kata dosen pemasaran dan entrepreneurship PPM School of Management James Widyarsana.

                Kiblat strategi pemasaran akan mengikuti perkembangan di internet.  “Kini, hampir semua orang dapat berinternet melalui berbagai gadget,” imbuhnya.

                Media sosial memiliki sejumlah kelebihan untuk kegiatan berpromosi dunia usaha.Antara lain, kemudahan, efektivitas, efisiensi , serta akses yang luas dan tanpa batas.

                Bagi perusahaan besar, media social tak hanya bermanfaat untuk memasarkan produk barang dan jasanya. Media ini akan menjadi wahana menjalin hubungan komunikasi dengan para konsumennya (customer relation).  Keberadaan media sosial membantu korporasi melakukan riset pasar, hingga memberikan umpan balik (feedback) kepada konsumen secara individu ataupun massal.

                Sementara, bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), media sosial dapatdimanfaatkan untuk mengenalkan produk atau jasa mereka (hard selling).Untuk menjual produk atau jasa, misalnya, pebisnis online tinggal memasang “status” di akun media sosialnya tanpa harus keluar uang sepeser pun.

                Jika mau sedikit mengeluarkan uang dengan memanfaatkan ruang iklan berbayar yang tersedia di media sosial, pebisnis online juga bisa membidik target pasar spesifik yang mereka inginkan. Menurut James, pelaku usaha dapat menyusun strategi marketing yang pas untuk segmen pasarnya. “Seperti di Facebook, kita bisa mencari orang-orang dengan minat yang masuk profil target pasar melalui search enginer-nya,” katanya.

                Pelaku usaha juga dapat membuka semacam akun forum komunikasi yang tersedia di Facebook.Lewat akun ini, interaksi dengan calon konsumen jadi lebih komunikatif.Hanya saja, kegiatan ini memerlukan orang khusus sebagai pengelola akun atau admin.

 

Analisa dan Pendapat Saya :

–          Kenapa saya mengambil artikel ini untuk tugas saya karena artikel ini bersifat informatif dan isu yang diangkat dengan kehidupan kita sehari-hari, yaitu media sosial.

–          Artikel ini cukup bagus dengan penyampaian pembahasan yang ringan dan beberapa istilah mereka menyertakan istilah dalam bahasa Inggris juga, sehingga menambah wawasan pembaca.

–          Dalam artikel ini juga mengutip beberapa pendapat dari nara sumber yang merupakan orang yang kompeten di bidangnya, sehingga informasi yang diberikan lebih terpercaya.

 

Sumber : Kontan Edisi Khusus Februari 2012

 

Advertisements

2 thoughts on “AJANG NARSIS BISA JADI PENDUKUNG BISNIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s